Seleksi Calon Mahasiswa NCU dan NSYSU

Universitas Brawijaya mengadakan seleksi calon mahasiswa penerima beasiswa penuh (full scholarship) National Central University (NCU) of Taiwan di Gedung Rektorat lantai 8, Jumat (7/11).

Seleksi tersebut diikuti sekitar 42 mahasiswa dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Fakultas Teknik, FMIPA, Ilmu Komputer, dan FIA.

Seleksi tersebut merupakan tahap pertama yang akan memberikan poin tambahan bagi calon mahasiswa untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya.

Alumni UB yang juga menjadi salah satu mahasiswa Magister Geofisika, NCU, Syaifuddin mengatakan dalam seleksi tahap pertama tersebut, setiap peserta akan diwawancarai satu persatu sesuai dengan minat studi yang akan diambil nanti.

“Jenis wawancara kali ini, meliputi kemampuan Bahasa Inggris, tujuan mengambil kuliah di NCU, visi misi, rencana studi selama di NCU, dan ide penelitian yang akan diambil,”kata Syaifuddin.

Sebelum mengikuti seleksi tersebut, para calon mahasiswa diharuskan untuk melengkapi beberapa berkas, antara lain daftar riwayat hidup, transkrip, fotokopi sertifikat TOEFL minimal 500, dan study plan (sebanyak 1 hingga 2 halaman).

Sebelum, proses seleksi diadakan, NCU juga memberikan sosialisasi, mulai dari profil universitas, program study yang ditawarkan hingga kehidupan kampus dan fasilitas-faslitas yang diberikan.

Seleksi dan Wawancara National Sun Yat Sen University Of Taiwan.

Selain NCU, National Sun Yat Sen University (NSYSU) Of Taiwan juga mengadakan seleksi dan wawancara beasiswa, di Gedung Rektorat lantai 8, Senin (3/12).

Mufidah salah satu Alumni UB yang sedang bersekolah di NSYSU menyampaikan kepada PRASETYA Online. Tujuan NSYSU ke UB yaitu untuk sosialisasi kampus sekaligus perekrutan mahasiswa asing untuk melanjutkan sekolah di NSYSU.

“Ada perwakilan dari jurusan biologi,  manajemen, perikanan serta teknik,”ungkapnya.

Prof. Lilik Sulistyowati PhD selaku Ketua Double Degree menyampaikan kedatangan NSYSU ke UB juga untuk menambah kerjasama di bidang lain.

“Rencananya akan dibuka program Double Degree untuk jurusan teknik,”ungkapnya.

Pada sesi selanjutnya mahasiswa yang ingin mendaftar di NSYSU dikelompokan berdasarkan jurusannya masing masing untuk berdiskusi tentang berbagai proses pendaftraran dan seleksi masuk.

Adapun persyaratan untuk mendaftar di NSYSU, yaitu pertama mahasiswa semester 7 yang bergelar Sarjana (S1) dan Master (S2); kedua Ijazah (dalam Bahasa Inggris jika ada); ketiga melampirkan Transkrip/KHS (dalam Bahasa Inggris jika ada); keempat melampirkan Sertifikat Bahasa Inggris; kelima Research Interest.

Leave a Reply

Your email address will not be published.