Program Doktor Kimia FMIPA UB diselenggarakan berdasarkan surat Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 69/KPT/I/2016 Tanggal 3 Februari 2016.

pengembangan Imu Kimia memegang peranan yang sangat penting dalam eksplorasi, pendayagunaan dan pengolahan sumberdaya alam dengan tetap memperhatikan usaha-usaha untuk meminimalkan dampak terhadap lingkungan. Terkait hal tersebut, inovasi-inovasi IPTEK baru dalam bidang kimia untuk pemanfaatan sumberdaya secara arif yang ditunjang oleh penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih dalam rangka mendukung pembangunan Indonesia yang seutuhnya dan berkelanjutan menjadi suatu hal yang mutlak diperlukan. Inovasi IPTEK kimia perlu dirancang untuk membentuk keunggulan melalui pemanfaatan bahan baku lokal Indonesia sebagaimana disebutkan di atas. Teknik isolasi senyawa-senyawa bioaktif, rekayasa bahan aktif, serta pengujiannnya sebagai bahan obat, aromaterapi, biofertilizer, biopestisida perlu terus dikembangkan. Begitu juga teknologi rekayasa untuk pendayagunaan dan pemanfaatan bahan mineral untuk smart material, keramik, smart adorbent, katalis dll juga perlu digali dan dikaji secara terus menerus. Komputasi kimia juga sangat diperlukan untuk mendukung pengembangan dan diversifikasi lebih lanjut bioproduk, biomaterial, dan smart material. Teknik analisis baru yang lebih canggih dan akurat juga tak kalah pentingnya untuk keperluan identifikasi, kontrol kualitas produk dan bahan mentah, dan kemanfaatan analisis lainnya. Lebih jauh lagi, karena kimia dan proses kimia memegang peranan utama dalam pengembangan dan penggunaan material, maka cakupan bidang kimia meliputi sintesa, modifikasi, proses dan karakterisasi, dan setelah itu mencakup pembuatan komponen dan benda atau manufacturing. Tuntutan ini mendorong semua negara termasuk Indonesia meningkatkan jumlah dan mutu sumber daya manusia yang mempunyai kemampuan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) di bidang Kimia, agar dapat bersaing dipercaturan dunia internationalk serta mampu menghadapi persaingan dalam mekanisme pasar bebas.

Program Studi Doktor Kimia di Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya akan membantu pemerintah, stakeholder, dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan SDM pengelola sumberdaya alam hayati dan non-hayati. Secara umum lulusan PS S-3 Kimia diharapkan dapat berkontribusi secara nyata dengan menghasilkan produk-produk riset yang mampu memecahkan masalah-masalah yang dihadapi bangsa dan masyarakat global secara mendasar serta dapat merancang perbaikan-perbaikan pendekatan, metodologi dan teknologi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di masa yang akan datang.