Prosedur Pendaftaran

Calon yang berminat menjadi mahasiswa Pascasarjana Program magister Kimia FMIPA UB ini diwajibkan untuk mengisi Formulir Pendaftaran Program Magister PPS UB dilampiri masing-masing rangkap tiga, meliputi:

  1. Salinan ijazah S-1 yang telah disyahkan
  2. Salinan daftar nilai selama di Perguruan Tinggi yang telah disyahkan. Bagi yang berasal dari Perguruan Tinggi Swasta harus menyertakan nilai ujian negara.
  3. Surat rekomendasi dari dua orang pakar/pimpinan tentang kelayakan kemampuan akademik pelamar.
  4. Karya ilmiah setelah lulus kesarjanaannya (bila ada).
  5. Riwayat hidup.
  6. Surat keterangan kesehatan.
  7. Surat ijin dari atasan, jika pelamar telah bekerja bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi.
  8. Pas Foto terbaru ukuran 4 x 6 (4 lembar).
  9. Surat keterangan tentang sumber dana dan/atau penanggung jawab dana studi.
  10. Foto copy sertifikat TPA OTO BAPPENAS (bisa menyusul).
  11. Foto copy sertifikat TOEFL /setara TOEFL (bisa menyusul).
  12. Membayar biaya pendaftaran langsung/melalui Bank BNI Cabang UB Malang No. Rekening 0039649520 atas nama Rektor Universitas Brawijaya (salinan resi dilampirkan).

Bagi yang berminat untuk mendapatkan Beasiswa Pendidikan Pasca Sarjana (BPPS) diwajibkan untuk mengisi Formulir Lamaran Program BPPS PS UB yang tersedia.

Waktu Pendaftaran

Pendaftaran pascasarjana dibuka setiap semester, untuk semester ganjil pada bulan Pebruari-Juni, dan semester genap pada bulan Agustus-Januari. Untuk Pendaftaran BPPS pada bulan Pebruari-April.

Seleksi Pelamar

Seleksi pelamar dilakukan oleh suatu Tim yang terdiri dari Dekan FMIPA UB sebagai Penanggungjawab, Direktur Pasca Sarjana UB sebagai Koordinator Pelaksana, Ketua Program Studi sebagai Ketua Pelaksana, dan sekretariat Program Pasca Sarjana FMIPA sebagai anggota. Seleksi pelamar dilakukan paling lambat pada akhir bulan Juni untuk semester ganjil dan awal bulan Pebruari untuk semester genap dengan keputusan penerimaan mahasiswa diputuskan oleh Rektor atas usul Dekan FMIPA UB. Pelamar yang telah memenuhi persyaratan tertulis dipanggil untuk mengikuti Pre Test dan wawancara. Bagi yang kurang memenuhi syarat, calon mahasiswa diharuskan untuk mengikuti Program Alih Tahun. Penerimaan dan penolakan menjadi mahasiswa diberitahukan secara tertulis oleh Dekan Fakultas MIPA Universitas Brawijaya.

Pendaftaran Sebagai Mahasiswa Baru

Pelamar yang diterima harus mendaftarkan diri paling lambat minggu pertama bulan Juli. Untuk pendaftaran mahasiswa baru harus datang sendiri untuk:

a.  Mengisi formulir pendaftaran dan Kartu Rencana Studi (KRS)

b.  Menunjukkan bukti pembayaran SPP bagi yang diwajibkan membayar SPP

c.  Menyerahkan pas foto ukuran 3 x 3 (4 lembar)

d.  Memenuhi persyaratan lain yang ditetapkan oleh PPSUB.

Program Alih Tahun Mahasiswa Baru

Program Alih Tahun adalah kegiatan dalam bentuk perkuliahan untuk  mahasiswa baru yang memiliki IPK < 2,75 atau memilki latar belakang pendidikan yang kurang relevan sebelum masuk program reguler pada Program magister Kimia FMIPA UB. Tujuan dari Program Alih Tahun adalah untuk memberikan konsep atau pengetahuan dasar yang cukup untuk mengikuti matakuliah program reguler. Program Alih Tahun diberikan selama 1 bulan (16 kali pertemuan) pada sekitar 1 bulan sebelum perkuliahan berlangsung.