Profil

Tahun Berdiri 1987
Lokasi Jl. Veteran Malang, Jawa Timur, Indonesia
Ketua Jurusan Masruri, SSi, MSi, PhD
Sekretaris Jurusan Dr. Ulfa Andayani, SSi, MSi
Program Studi 1 Sarjana ; 1 Magister ; 1 Doktor
Dosen 36 PNS (per April 2017)
Karyawan 14 PNS ; 1 NON PNS ( per Juli 2015 )
Mahasiswa 415 : ( per Juli 2015 )
Website http://kimia.ub.ac.id
Alamat Kontak Telepon : +62-341-575835
Fax         : +62-341-575838
Email      kimia[at]ub.ac.id
Alamat Surat Jurusan Kimia Fakultas MIPA,
Universitas Brawijaya
Jl. Veteran, Malang 65145, Jawa Timur, Indonesia

Sejarah

Jurusan Kimia Universitas Brawijaya didirikan tahun 1987. Berada dibawah manajemen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Tugas yang diemban oleh Jurusan Kimia ada 3 yang meliputi (i) melaksanaan pendidikan kimia secara professional, (ii) melaksanan penelitian dibidang kimia dalam eksplorasi dan pemanfaatan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan, dan (iii) melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (stake holder) terkait hasil-hasil penelitian yang telah dilaksanakan.

Jurusan Kimia Universitas Brawijaya mempunyai 3 program studi yang ditawarkan:

  • Program Studi Kimia (S1) dengan gelar Sarjana Sains (S.Si.)
  • Program Studi Magister Kimia (S2) dengan gelar Magister Kimia (M.Si.)
  • Program Studi Magister Kimia (S2) – Joint Degree Program dengan National Central University (NCU) dan National Chiaou Tung University (NCTU) Taiwan (M.Si., M.Sc.)
  • Program Studi Doktor Kimia (S3) dengan gelar Doktor bidang Kimia (Dr.)

 

Program Studi Kimia (S1)

Program Studi Kimia telah mendapatkan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) dengan peringkat A. Total mahasiswa sebanyak 520 dan rata-rata mahasiswa yang diterima 150 mahasiswa. Jumlah beban matakuliah (sks) minimum untuk menyelesaikan program ini 144 sks, dan mahasiswa wajib melakukan penelitian tugas akhir di laboratorium sebagai salah satu syarat kelulusan. Mahasiswa dapat menyelesaikan program ini selama 4 tahun (8 semester).

Program Studi Magister Kimia (S2)

Program ini didirikan tahun 2005 dan telah mendapatkan akreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional (BAN) Perguruan Tinggi (PT) dengan peringkat A. Total jumlah mahasiswa 120, dan rata-rata mahasiswa yang diterima setiap semester 15 mahasiswa. Untuk menyelesaikan program magister, mahasiswa minimum menempuh 40 sks selama 2 tahun (4 semester). Mahasiswa wajib melakukan penelitian di laboratorium sesuai dengan bidang minat yang diteliti sebagai salah satu syarat kelulusan, dan wajib menghasilkan tesis diakhir penelitian.

Program Magister Kimia juga mempunyai Joint Degree Program dengan Department of Chemistry dari National Central University (NCU) Taiwan dan Department of Material Science and Engineering dari National Chiaou Tung University (NCTU) Taiwan. Mahasiswa wajib melaksanakan penelitian tesis di Universitas yang dipilih selama 1-1,5 tahun. Dan skema pendanaan penelitian di Taiwan ditanggung oleh NCU maupun NCTU, dan biaya hidup dapat diajukan melalui usulan beasiswa. Pada akhir penelitian mahasiswa wajib menulis tesis dalam Bahasa inggris untuk universitas di Taiwan dan melakukan ujian presentasi oral secara langsung dan bisa melalui teleconference. Pembimbing dari universitas di Taiwan dan Indonesian. Dari program ini mahasiswa akan mendapatkan 2 gelar, yakni Magister Sains bidang Kimia (M.Si.) dari Universitas Brawijaya dan Master of Science (M.Sc.) dari NCU atau NCTU.

Program Studi Doktor Kimia (S3)

Program ini didirikan tahun 2016 dan telah mendapatkan ijin prinsip pendirian program studi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Nomor ). Desain program ini berbasis riset. Total kredit yang harus ditempuh minimum 72 sks yang terdiri proposal disertasi (5 sks), penelitian disertasi (40 sks), seminar (5 sks), publikasi ilmiah (14 sks), dan kuliah/penunjang disertasi (8 sks). Program ini dapat diselesaikan dalam 3 tahun (6 semester).

Mahasiswa dapat memilih topik riset disertasinya sendiri atau mengikuti topik penelitian yang telah berjalan dalam kelompok penelitian (Research Group).

Program Beasiswa

Untuk pembiayaan selama studi, mahasiswa dapat mengajukan program beasiswa. Beberapa program beasiswa yang dapat diambil antara lain Bidik Misi, Beasiswa Unggulan Dalam Negeri (BUDI), PMDSU, LPDP, Beasiswa Joint Degree Program ke Universitas partner, dan beasiswa lainnya. Serta beberapa beasiswa untuk pendanaan program riset melalui dosen pembimbing/promotor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.