Department of Chemistry

FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES -
Ditulis pada 14 August 2014 , oleh admin , pada kategori Berita

prof_aulannia_terima_penghargaan_dari_menristek_5875_20140814100610Guru Besar FMIPA UB, Prof. Dr. Aulanniam, drh. DES mendapat penghargaan dari Kementrian Riset dan Teknologi sebagai penerima inovator karya unggulan teknologi anak bangsa tahun 2014. Penganugerahan diberikan secara langsung oleh Menteri Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Menristek RI )Gusti Muhammad Hatta di Jakarta, Senin (11/8).

Prof Aulanniam terpilih menjadi salah satu penerima penghargaan menristek dalam bidang obat dan kesehatan.

Inovasi atau karya yang diangkatnya adalah Kit Diagnostik (produk rapid test autoimmune) GAD 65. Kit Diagnostik merupakan salah satu produk unggulan Laboratorium Biosains UB hasil kerjasama dengan PT Biofarma Bandung telah siap di launchingpada tahun ini.   Produk tersebut berfungsi untuk deteksi dini bagi pasien  DM Tipe 1 berbasis Reverse flow Immunochromatoghraphy: RAPID TEST Autoimmunue  Marker autoantibodi GAD65 yang merupakan kit diagnostik dini untuk penyakit diabetes.

watermark_8085_20140814103340Dikatakan oleh Aulanniam ada 19 karya yang dipilih dari 800 lebih proposal yang masuk ke kemenristek. Selain dibidang obat dan kesehatan, 18 karya lain yang akan dibukukan antara lain di bidang pangan, manajemen transportasi, pertahanan dan keamanan, serta energi.

“Penganugerahan ini bukan semata-semata saya yang melakukan sendiri. Namun penelitian ini merupakan kerja tim laboratorium biosains, FMIPA, kedokteran hewan, dan Universitas Brawijaya sendiri,”katanya.

Sementara itu, selain 19 karya unggulan, Menristek juga memberikan penghargaan pemerintah provinsi pemrakarsa penguatan Sistem Inovasi Daerah (SIDa), serta kategori ketiga pemenang lomba penulisan dan foto iptek. [sumber prasetya.ub.ac.id]