Department of Chemistry

FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES -
Ditulis pada 14 November 2012 , oleh admin , pada kategori Berita

Salah satu dosen Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Brawijaya, Ir. H. Adam Wiryawan, MS., pada Kamis dan Jumat (8-9/11) diundang untuk menghadiri pertemuan internasional “International Meeting on Chemical Safety and Security”. Pertemuan ini diselenggarakan oleh The Organization for The Prohibition of Chemcal Weapons (OPCW) dan bertempat di kota Tarnów, Polandia dan dibuka oleh Krzyszof Paturej (Chair of the meeting), Director Office of Special Projects, OPCW Technical Secretariat dan sambutan Walikota Tarnow, Polandia, Dr Ryszard Scigala.

Seminar ini diikuti lebih dari 200 peserta dari 54 negara, terdiri atas lembaga pemerintah, organisasi internasional, industry kimia dan asosiasi perdagangan, laboratorium, akademisi dan LSM. Tidak hanya itu, ada pula delegasi dari berbagai lembaga seperti Komite 1540 di bawah PBB, AS Threat Reduction Program, International Union of Pure and Applied Chemical, US National Academies of Science, Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO), US Department of Homeland Security, INTERPOL, European Chemical Industry Council (Cefic) serta perwakilan industri dari Dow Chemical Company dan lainnya.

Pertemuan tersebut merupakan kesempatan yang ideal untuk OPCW dalam membahas isu-isu antara lain sebagai bagian komitmen terhadap perdamaian dan keamanan global, mempromosikan pertukaran ide dan keahlian yang sama, juga mempromosikan budaya keselamatan kimia dan keamanan global.

OPCW juga mendukung kerjasama global untuk mengurangi ancaman kimia dengan mempromosikan kesadaran kimia-keamanan praktik terbaik dan dengan meningkatkan kerjasama antara profesional yang terlibat dalam penelitian, murni dan terapan kimia, dan industri kimia di seluruh dunia. Selain itu juga OPCW bertujuan untuk memfasilitasi diskusi terhadap penyalahgunaan bahan kimia dan sifat berkembang dari industri kimia, dan menawarkan bantuan untuk meningkatkan langkah-langkah nasional di bidang keamanan bahan kimia dan keamanan dan transportasi bahan kimia.

OPCW berupaya untuk menyoroti potensi untuk proliferasi senjata kimia sebagai ancaman global yang membutuhkan respon global, dan untuk membahas bagaimana membangun sinergi dan memperkuat kerangka kerja kolaborasi antara pemerintah, organisasi internasional, industri kimia, akademisi, dan LSM untuk melawan ancaman tersebut.

Selama berada di Polandia, Adam juga berkunjung ke beberapa laboratorium, termasuk d dalamnya Laboratory of Forensic Chemistry, Department of Analytical Chemistry, Faculty of Chemistry, Jagiellonian Univesity, Krakow, Polandia. Tujuan kunjungan tersebut untuk menjajaki kerja sama di bidang penelitian dan studi lanjut untuk jenjang S-2 dan S-3.

Dalam kesempatan tsb diterima oleh Prof. Pawel Koscielniak, Dr. Stanislaco Walas, Dr. Marcin Wiesczorek, dan Dr. Michal Wozniakiewicz. Perlu diketahui Prof. Pawel Koscielniak pernah berkunjung ke Universitas Brawijaya untuk menyampaikan makalah pada “International Conference by Indonesian Chemical Society (ICICS) dan memberi kuliah tamu di Jurusan Kimia, FMIPA UB. [adam/vicky]