Chemistry Carnival 2013

edit_1_2559_20131125091311Himpunan Mahasiswa Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Brawijaya (HMK FMIPA UB) menyelenggarakan Chemistry Carnival  (CC) 2013. Event ini merupakan event tahunan yang rutin digelar HMK. Di CC ini terdapat dua kategori lomba yaitu Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) dan Lomba Karya Daur Ulang (LKDU). Kompetisi yang digelar pada Sabtu (17/11) ini bertempat di Gedung Widyaloka UB.

Kegiatan “CHEMISTRY CARNIVAL 2013” ini merupakan rangkaian 2 acara yang terdiri dari Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Lomba Kreatifitas Daur Ulang. Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) untuk SMA dan Sederajat Tingkat Nasional adalah suatu lomba penulisan karya ilmiah untuk pelajar SMA dan Sederajat (kelas X, XI, dan XII) dengan topik yang telah ditentukan. Lomba Kreatifitas Daur Ulang (LKDU) untuk SMA dan Sederajat Tingkat Nasional adalah suatu lomba membuat kreatifitas dengan mendaur ulang barang yang tidak dimanfaatkan lagi (seperti limbah plastik, logam dan kertas) tetapi bisa dikombinasi dengan bahan pendukung lainnya untuk menghasilkan suatu alat yang dapat bermanfaat bagi masyarakat umum dan memiliki nilai jual.

Dalam sambutannya Dekan FMIPA UB Prof Dr Marjono MPhil menyatakan rasa terima kasih kepada para peserta yang dengan segenap usahanya membuat karya tulis maupun produk daur ulang yang berpertisipasi di CC serta kepada panitia yang membuat acara ini dapat terselenggara.

Menurut Abdul Basith (Kimia 2011) selaku ketua pelaksana CC, penyaringan peserta sudah dilaksanakan mulai bulan Mei sampai September oleh tim juri yang berasal dari para Dosen Kimia FMIPA UB. Dari ratusan pendaftar akhirnya terjaring 12 finalis LKTI dan 20 finalis LKDU. Setelah melalui tahap akhir, munculah juara dari masing masing kategori lomba. Inilah nama pemenang CC dari kategori LKDU : juara I dari Tim SMA Negeri 1 Babat Lamongan (“Genting Biber” , Genting Berbahan Dasar Limbah Kardus dan Serabut Kelapa), Juara II dari Tim SMK Negeri 2 Probolinggo (Daur Ulang Limbah Kulit Nangka Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Biobaterai yang Ramah Lingkungan), Juara III dari Tim MAN Babat Lamongan (Upaya Optimalisasi Pemanfaatan Limbah Cangkang Kerang Simping (Placuma palcenta) dan Pasir Pantai Sebagai Bahan Baku Pelapis Dinding).

Sedangkan untuk kategori LKTI tim dari Tim SMA Muhammadiyyah 1 Babat Lamongan berhasil menjadi juara satu dengan karya OMAPO-EL CELL (Horse Manure Power Electrochemical Cell) Pemanfaatan Limbah Kotoran Kuda sebagai Energi Listrik Terbarukan. Juara II diraih oleh tim Tim MA Nurul Ulum Malang dengankarya Pengaruh Ekstrak Daun Kemukus terhadap Mortalitas Kepinding, sedangkan juara III diperoleh Tim SMA Negeri 1 Gianyar dengan karya Pemanfaatan Tanaman Putri Malu (Mimosa pudica Linn) sebagai Larvasida Alami dan Berpotensi sebagai Anti Kanker.[dimas]

Leave a Reply

Your email address will not be published.